“ALA JIN 32” Injector Tester and Cleaner Karya Mahasiswa UNP

Satu lagi karya mahasiswa UNP yang pantas dibanggakan, ALA JIN 32, adalah sebuah karya kolaborasi mahasiswa Teknik Otomotif dan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Alat ini adalah alat untuk menguji sekaligus membersihkan injektor yang ada pada kendaraan masa kini. Alat ini telah berhasil menembus PIMNAS 28 yang diadakan di Universitas Halu Oleo Kendari pada awal Oktober 2015 lalu.

Berawal dari temuan mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif UNP saat magang di industri, banyak bengkel mobil terutama di wilayah padang dan sekitarnya yang tidak memiliki alat pembersih injektor dikarenakan harga yang relatif mahal. Sementara untuk melakukan proses cleaning injektor, bengkel memilih menggunakan sistem manual dengan bantuan angin kompresor. Beberapa mahasiswa kemudian berkumpul dan berdiskusi lalu membentuk sebuah tim dan mengajukan tema ini pada proposal PKM-KC pendanaan 2015. Tim terdiri dari 4 Mahasiswa Teknik Otomotif UNP dan 1 Mahasiswa Teknik Elektronika UNP. Pengembangan produk didampingi oleh seorang dosen pendamping.

Selain untuk menguji dan membersihkan injektor, keunggulan alat ini juga dirancang sedemikian rupa sehingga dapat juga dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s