Bersiap Menghadapi UAS, Apa Saja Tipsnya?

InsyaAllah tanggal 21 Mei 2012 atau tiga minggu lagi semenjak tulisan ini dibuat, UAS akan mulai dilaksanakan serempak di JTO UNP. Semoga semua bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi momen penting ini. Berikut ini sekedar sharing tentang beberapa tips menghadapi UAS sesuai dengan pengalaman kuliah saya dulu di Jogja dan di Depok🙂

Pertama, memeriksa kelengkapan materi kuliah jauh hari sebelum UAS. Mahasiswa idealnya selalu mengkaji kembali materi yang diterimanya setiap minggu dan memperkaya lagi dengan mencari informasi dari sumber lain (internet, buku referensi, dll). Kebiasaan mahasiswa adalah melengkapi catatan / materi di hari – hari akhir mendekati UAS bahkan jika diketahui soal UAS bersifat open book tak jarang mahasiswa baru mengcopy bahan dari temannya beberapa menit sebelum mengerjakan soal di kelas. Kebiasaan buruk ini tidak cocok samasekali untuk sifat ujian close book. Untuk amannya materi perkuliahan harus dilengkapi jauh hari sebelum UAS dimulai.

Kedua, mengkaji kembali soal yang diberikan oleh dosen pada waktu perkuliahan. Permasalahan/soal yang  diberikan oleh dosen bisa jadi akan diberikan lagi pada saat ujian, terlebih jika banyak mahasiswa belum bisa memecahkan soal tersebut secara tuntas. Untuk persiapan ujian sebaiknya mahasiswa membuka lagi soal-soal yang pernah diberikan oleh dosen dengan melakukan pemahaman secara menyeluruh pada penyelesaian soal tersebut sehingga ketika ada “modifikasi” soal yang dilakukan oleh dosen mahasiswa sudah siap menghadapinya.

Ketiga, mengantisipasi soal yang diambil dari dari materi kuliah yang belum pernah dijadikan sebagai tugas perkuliahan. Ada beberapa kemungkinan soal yang memang sengaja “disimpan” oleh dosen untuk ditanyakan pada saat ujian. Soal ini biasa diambil dari materi yang pada saat perkuliahan terkesan “dicuekin” mahasiswa. Untuk mengantisipasi keluarnya soal seperti ini mahasiswa harus jeli untuk bertanya setiap materi yang belum dipahami kepada dosen, teman mahasiswa lain atau angkatan sebelumnya.

Tiga hal di ataslah yang setidaknya masih terekam jelas dimemori, namun sebenarnya inti dari semua itu adalah pemahaman yang menyeluruh atas materi yang ada. Jika pemahaman terhadap sebuah materi sudah kita “pegang” maka persoalan seperti apapun (selama masih dilingkup materi yang sama) pasti akan dapat kita pecahkan.

Tips lain yang sangat penting adalah berdoa kepada Allah agar dimudahkan dan dicerahkan pikiran kita dalam mengerjakan setiap soal🙂 dan juga jangan lupa untuk minta restu Orang Tua.

Selamat Menempuh Ujian Akhir Semester

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s