Pentingnya Penguasaan Dasar Teknologi Informasi

Dalam era digital yang semakin berkembang, penyimpanan dokumen tidak lagi di media manual konvensional dengan kertas, demikian juga untuk pengolahan data semua dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dengan bantuan aplikasi komputer. Mahasiswa sudah sepatutnya menguasai aplikasi ini, pengetahuan tentang Aplikasi Komputer Standar ini sebaiknya diberikan kepada mahasiswa di tahun-tahun awal perkuliahan. Meskipun terkadang pengetahuan tentang Aplikasi Komputer Standard ini sudah dikuasai oleh sebagian besar mahasiswa namun tidak sedikit juga yang belum mengetahuinya terutama mahasiswa dari daerah atau mahasiswa kurang mampu.

Adapun Aplikasi Komputer Standar yang dimaksudkan di sini adalah Word Processor (Pengolah Kata), Data Processor (Pengolah Data) dan Presentation (Presentasi). Jenis aplikasi komputer itu sendiri ada dua yaitu gratis dan berbayar. Aplikasi gratis misalnya OpenOffice dan yang berbayar MicrosoftOffice. 

Bagi pengajar, Word Processor biasa digunakan sebagai sarana untuk membuat laporan/buku ajar/GBPP/SAP dll. Data Processor biasa digunakan sebagai pemroses data yang diperoleh misalnya ingin memproses data nilai, data survey, dll. Sedangkan Aplikasi Presentation digunakan untuk membuat sebuah presentasi untuk mengemas penyampaian pelajaran agar lebih menarik dan mudah dipahami.

Pemaksimalan penggunaan teknologi internet juga perlu dilakukan, karena dari sana kita bisa menggali informasi (misalnya dengan mesin pencari) atau saling berbagi informasi (e-mail,bloging,social network,dll). Selain pemaksimalan teknologi internet, etika berinternet juga perlu menjadi perhatian serius dalam pengenalan TI pada siswa. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan internet dan teknologi informasi lainnya untuk hal-hal negatif.

Sehingga penguasaan teknologi informasi selayaknya menjadi bagian dari mata kuliah dasar awal yang diterima setiap peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s