Kejujuran dan Angka, Mana Lebih Penting…??

sumber gambar : http://ndiiesyalala.blogspot.com/2010/10/nyontek-ups.html

wew.. ngapain tuh???

Miris melihat berita di TV menyoal UN yang diadakan pada 2 minggu belakangan, setelah minggu kemaren adik-adik di bangku SMA menjalani ujian, maka seminggu setelahnya giliran anak-anak SMP yang berjuang menempuh UN. Yang membuat miris adalah liputan tentang kecurangan yang terjadi. Jika dulu kecurangan adalah domain siswa maka ternyata saat ini tidak lagi, guru bahkan mungkin kepala sekolah secara tidak langsung melegalkan kecurangan itu.

Liputan di TV sore ini memberitakan seorang anak SMP kedapatan menerima SMS berisi kunci jawaban dari salah satu gurunya, kemudian si anak menuliskannya pada secarik kertas dan mengedarkannya pada teman sekelasnya. Anehnya lagi yang memergoki dan “menangkap” si anak curang ini adalah petugas kepolisian yang ada diluar ruangan dan memang sedang berjaga di SMP tersebut. Sedangkan pengawas ujian tidak melakukan apa-apa untuk menegur anak curang tersebut. Bahkan di liputan minggu lalu diulas para pengawas justru sibuk mengawasi gerak-gerik wartawan yang meliput, dan seolah memberi ruang gerak pada para siswa untuk berbuat curang.

Hadeuh……. Kalau pengajar yang bisa “kencing berdiri” saja sudah bisa menghalalkan cara seperti ini dalam “membantu” anak didiknya lalu akan jadi apa anak didiknya kelak ketika mereka bisa “kencing berlari”

Seyogyanya tolak ukur kesuksesan pendidikan jangan hanya didasarkan pada angka-angka saja, terlebih jika angka-angka itu hanya ditentukan pada sebagian kecil periode jenjang pendidikan yang disebut periode ujian.

Moral dan perilaku serta akhlak yang baik juga mutlak diperlukan dalam dunia pendidikan. Guru sebagai sosok yang di gugu dan ditiru (dipercaya dan dijadikan contoh) harus senantiasa mengingat hal ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s