Mobil Listrik di Indonesia

Biasanya isu yang diusung untuk mengawali sebuah pembicaraan tentang mobil listrik adalah tentang keterbatasan BBM, Polusi yang ditimbulkan oleh mobil konvensinal hingga isu Global warming yang memang akir-akir ini membuat iklim kita tidak bisa ditebak, yang tadinya bulan januari biasa diartikan hujan sehari-hari maka sekarang ada kasus kekeringan di bulan januari. Oke balik lagi ke topik, meski sudah dibuka dengan isu yang sama,🙂 di sini kita akan coba buka dengan pendekatan lain. Seperti apa itu…?

Sederhana saja, kalo kita dahulu atau mungkin sampai sekarang masih bermain dengan mobil-mobilan Mini 4WD Tamiya yang dahulu dipopulerkan oleh Film Kartun Yankuro, maka mobil listrik sejatinya mirip dengan Tamiya yang berukuran besar dan lebih kompleks di masalah kemudi dan kendalinya. Seperti kita tahu Tamiya punya beberapa bagian penting. Untuk penggeraknya digunakan Motor Listrik (ato ada yang sering nyebut dinamo) dengan ‘bahan bakar’nya adalah 2 baterai kecil (1.2 – 1.5 volt) lalu sebagai kemudi karena tamiya berjalan di lintasan kusus maka digunakan roda kemudi di bagian kedua sisi kanan dan kiri baik di depan , tengah , dan belakang.

Nah bagaimana dengan mobil listrik? Mirip, penggeraknya juga berupa motor listrik bahan bakarnya juga baterai namun dengan jenis dan kapasitas yang berbeda. Kemudian untuk masalah kemudi dan kendali kecepatan serta transmisi telah dan terus dikembangkan baik secara manual maupun otomatis oleh para pakar.

Bagaimana kiprah indonesia di bidang ini, nah inilah yang kadang kita masih kurang informasi. LIPI sebagai pusat pengembangan teknologi di negara ini telah berhasil mengembangkan beberapa mobil listrik dan komponen-komponennya. Para pakar dan peneliti di kampus-kampus pun terus memutar otak untuk bisa memberikan andil dalam bidang ini. Namun sepertinya perhatian dari pemerintah masih kurang sehingga tak jarang hal – hal seperti ini sekedar menjadi temuan tak berarti yang menghiasi rak – rak perpustakaan kampus. Semoga hal ini ke depannya lebih diperhatikan pemerintah.

Oke dah kita balik ke topik lagi, untuk mengetahui kiprah putra bangsa coba aja tengok ke sini dan sini atau bisa juga lihat dan beli di sini. Kalau masih kurang silahkan tanya tentang mobil listrik kepada mbah google.

3 thoughts on “Mobil Listrik di Indonesia

  1. mantab masbro…

    Aq juga ada rencana merubah mobil tua_ku(kijang_pick up) menjadi mobil listrik. Tp msh bingung harus memulai dr mana . .?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s