Bingung Mencari Kerja, Mengapa Tidak Membuka Lapangan Kerja?

tanya kenapa?

Terinspirasi oleh percakapan via telepon antara istri dan mahasiswanya yang kini telah lulus. Dari pembicaraan istri terbaca bahwa salahsatu alumni di tempat istri mengajar itu sedang ada masalah yakni belum bisa mendapatkan pekerjaan tetap. Padahal yang bersangkutan masuk pada jajaran mahasiswa yang mudah diingat dosen karena kemampuan akademiknya di atas rata-rata. Lalu mengapa bisa demikian? Padahal kawan-kawan yang kemampuan akademisnya pas-pasan banyak yang sudah memperoleh pekerjaan yang mapan, bahkan mungkin sebagian ada yang sudah berani naik ke pelaminan.

Setelah percakapan telepon selesai, kami sempat berdiskusi sejenak. Memikirkan bagaimana sebaiknya mensiasati hal-hal seperti ini.

Sebenarnya sebagai lulusan kampus, seorang alumni idealnya punya banyak potensi yang bisa dikembangkan sendiri, tanpa harus bergantung dan bekerja pada orang lain. Mulai dari kemampuan akademis hingga kemampuan non-akademis.

Sebagian besar masyarakat masih berparadigma bahwa orang sukses jika bisa bekerja di kantor apalagi jika sudah bisa menembus tes masuk CPNS. Memang hal itu tidak ada salahnya juga, tapi berapa persenkah yang bisa diserap oleh lowongan CPNS jika dibandingkan dengan jumlah lulusan perguruan tinggi yang ada? Jika kita tilik ke beberapa proses penerimaan CPNS mungkin di sebuah lowongan dibutuhkan 5 tenaga baru, dan ternyata pelamarnya ada puluhan, ratusan atau bahkan ribuan. Lalu akan kemana sisa pelamar yang tidak diterima ini?

Mengapa tidak terpikir untuk membuka lapangan kerja? Jika modal yang jadi kendala, ada kok jenis usaha yang tidak perlu modal besar, atau bahkan modal dengkul saja.🙂

Contoh mudahnya aja gini, setiap mahasiswa saat ini pasti bisa menggunakan perangkat komputer kan? Nha kenapa tidak mencoba berusaha menawarkan diri mengajar komputer? Siapa yang diajari? Bisa teman, tetangga atau kalo mau modal dikit bikin aja pamflet kecil-kecilan “Menerima Les Komputer untuk Pelajar SD Hubungi No telp 0812345678, kami siap datang ke rumah Anda” dengan begitu kita cuma bermodal kemampuan yang sudah ada di otak kita saja tidak perlu modal besar sewa tempat beli banyak komputer, kalau ingin cari modul les bisa cari di internet tinggal print kemudian di perbanyak jadi deh.

Nha itu sekedar contoh sederhana, masih banyak cara-cara yang lain yang bisa dipelajari dan di gali lagi. Bisa dicari di internet atau di seminar-seminar kewirausahaan yang sering diadakan di kampus-kampus. Ubah paradigma mencari kerja menjadi membuka lapangan kerja.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s