Perkembangan Industri Otomotif Indonesia

Deklarasi Asianusa (sumber foto: kompas)

Sebuah fenomena menarik telah muncul akhir-akhir ini, geliat industri otomotif tanah air mulai memperlihatkan taji. Beberapa produk asli lokal pun mulai ikut terpampang di beberapa even, dan semakin sering menghiasi media masa dalam negeri.

Mulai dari Mobil Arina, Mobil Esemka hingga Komodo dan Tawon. Semua seakan berlomba unjuk gigi memperlihatkan kepada dunia bahwa indonesia juga bisa. Seakan ingin mengatakan “bikin pesawat aja bisa apalagi  cuma bikin mobil”🙂

Guna mendukung perkembangan laju industri otomotif nasional maka pada Selasa 23 Februari 2010 lalu dibentuklah sebuah koalisi antara beberapa produsen otomotif lokal diberi nama Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asianusa) yang persalinannya dilakukan di Gedung Kementerian Perindustrian Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Tercatat produsen mobil nasional seperti GEA, Tawon, Arina, Komodo, Wakaba dan beberapa nama lainnya turut menghadiri deklarasi peresmian Asianusa ini.

Menanggapi geliat ini, para facebooker langsung merespon dengan bergabung di group yang dibentuk setelah berdirinya Asianusa “Gerakan Facebookers dukung MOBNAS bersama Asia Nusa” saat berita ini ditulis dah ada sekitar 1781 facebooker yang bergabung.

Adapun konsentrasi yang ingin digarap oleh produsen mobil lokal adalah pasar mobil di bawah 100 juta. Mengingat banyaknya rakyat indonesia sebagai pasar yang bisa turut membesarkan mobil nasional. Saat ini orang cenderung memilih menggunakan sepeda motor karena untuk membeli mobil (pabrikan luar) selisih harganya sangat jauh.

Asianusa melalui ketuanya Ibnu Susilo berharap Pemerintah bisa memberikan dukungan maksimal terhadap perkembangan mobnas ini. Asianusa juga berharap pemerintah bisa membuat regulasi yang bisa memberikan keuntungan bagi para produsen mobil nasional.

Ayo maju terus Otomotif Nasional…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s