Wakaba, Mobnas tangguh dari Pasundan

Miniatur Wakaba

Miniatur Wakaba

Satu lagi bakal segera muncul mobil nasional bernama Wakaba, mobil dikembangkan oleh Design Center Teknik Mesin Universitas Pasundan (UNPAS), Bandung. Wakaba yang merupakan singkatan dari Wahana Karya Anak Bangsa ini merupakan sebuah proyek untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di pedesaan termasuk perkebunan dan daerah pedalaman.

Komponen dasar Wakaba akan didukung oleh IKM komponen otomotif  Klaster Komponen Otomotif Jawa Barat, yang aplikasinya akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah bersama industri setempat dengan dukungan teknologi dari Desain Center Unpas.  Seolah ingin melengkapi mobnas yang sudah ada, beberapa varian Wakaba yang akan dibuat ditujukan untuk memiliki fungsi khusus, seperti Pemadam Kebakaran Mini, Ambulan, Puskesmas Keliling, Penyapu Jalan, sampai Angkutan Sampah. Begitupun untuk segmentasi lainnya seperti alat angkut hasil panen, alat pengolah lahan, angkutan pedesaan, kendaraan retail dan kios, sampai pada kendaraan promosi.

Meskipun masih prototipe, namun Wakaba memiliki desain yang cukup menarik, dan terlihat kokoh dengan beberapa roll bar dan rangka yang rigid. Proyek pengembangan Wikaba pun turut didukung penuh oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Kementerian Riset & Teknologi, serta tentunya Departemen Perindustrian.

Ayo maju terus otomotif indonesia…

disarikan dari : detik.oto

3 thoughts on “Wakaba, Mobnas tangguh dari Pasundan

  1. mudah mudahan harganya murah yach, tapi bukan murahan! pokoke kita dukung dengan membeli … (tapi liat dulu harganya) wehehehe…

  2. Bravo! Tapi kalau ini masih mobil bermesin bensin juga, ke laut aja deh. Sulit mengejar ketertinggalan teknologi kendaraan bermesin combustion dari Japan, korea, usa, jerman, itali, uk, dsb…. Jangankan lawan raksasa seperti negara2 tsb, lawan Indihe aja masih kalah. SARAN SAYA: kembangkan mobnas bertenaga listrik yang murah meriah terjangkau, desain ga kampungan dan menggunakan teknologi baterai paling long lasting tapi efisien. Masa depan manusia adalah di teknologi green energy. Kalaou masih mikirin cara bikin polusi, lupakan aja deh. Jangan buang-buang waktu lagi!!!

    • sebelum bikin mobil tenaga listrik yang buat ke laut.. benahi dulu pln sering mati lampu dan kekurangan daya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s