Komodo Mobil Jelajah Karya Anak Negeri

komodo carSatu lagi mesin berjalan dengan roda empat hadir dari tangan-tangan terampil anak-anak Indonesia, kali ini diberi nama KOMODO sebuah mobil Offroad yang tangguh dan handal seperti komodo dan yang pasti bisa hidup di dua alam, bersumber dari detikoto saya akan coba deskripsikan mobil penggaruk tanah ini. 

Komodo berkapasitas mesin 2 tak, 180 cc, Komodo, mobil amphibi kreasi PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat ini diklaim bisa dipacu sampai 60 km/ jam. Untuk ukuran mesin 2 tak, konsumsi BBM Komodo tergolong irit, 1 liter bensin bisa menempuh jarak 20 km. Selain itu, pemakaian oli sampingnya pun untuk 1 liternya bisa untuk 25 liter bensin.

Dengan kapasitas 2 orang penumpang, ditambah 200 kg beban yang bisa diletakan pada rak di belakang, Komodo masih mumpuni untuk menerjang medan ekstrem sekalipun.

Berikut ini data spesifikasi lengkapnya :

Ground Clearence    300 mm
Jarak Sumbu Roda 2000 mm
Jarak Roda  1400 mm
Panjang Total 2650 mm
Lebar total 1750 mm
Tinggi Total  1460 mm
Mesin      Two Stroke, 180 cc
Max Moment Puntir  1,19 kgm/ 3.000 RPM
Sistem pendinginan Udara
Bahan bakar   Bensin
Kapasitas Tangki 15 liter
Starter Elektrik
Transmisi  Manual, 3 maju 1 mundur
Sistem penggerak 2 roda, belakang dengan sproket
Rangka  Tulbular dan bagasi
Suspensi depan/ belakang fully independent double wishbone dengan per keong
Rem depan/belakang 2 buah hidrolik cakram/ 1 buah hidrolik cakram
Berat kosong 275 kg
Kapasitas angkut barang 200 kg
Seat belt 4 titik

“Selain itu, Komodo merupakan binatang asli Indonesia, dan cuma ada di sini,” ujar Engineering Komodo Deddy Junianto, kepada detikOto, disela-sela acara Pameran Produksi Indonesia (PPI), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, (16/5/2009)

Deddy pun mencontohkan Toyota yang mengambil nama Kijang, karenanya, tanpa bermaksud meniru, nama Komodo dipakai sebagai bentuk dari apresiasi bahwa ini adalah kendaraan asli Indonesia.

komodo01

komodo04

komodo03

Mari kembangkan diri, majukan dunia otomotif Nasional kita, buktikan bahwa kitapun bisa….

15 thoughts on “Komodo Mobil Jelajah Karya Anak Negeri

  1. mas mau nanya dong klo komodo di produksi masal kira2 harganya berapa??? soalnya saya tertarik dengan mobil ini.

  2. Ping-balik: Komodo Mobil Jelajah Karya Anak Negeri Asal Cimahi « warungbarokah.com

  3. sayang, harga kemahalan, lagipula kenapa kok cuma 180 cc, dua tak lagi… nanggung bgt…

  4. sebaiknya pakai mesin 4 tak, pakai gardan kayak sepeda gerobaknya roda tiga (mochin) yang harganya belasan juta saja, terus segmen pasarnya utnuk siapa ? dipakai sekolah gak bisa melindungi waktu hujan basah , waktu siang kepanasan, waktu malam kedinginan, buat nonton sama pacar … hehehehe gak keren blas, mobil ini cocoknya di hutan aja kayaknya mas, tapi kita udah gak sempat ke hutan lagi mas (sorry)

  5. Bro Tri Tono thanks komennya. Gini bro, sory sebelumnya neh. Sebelum komen mohon baca baik-baik artikelnya baru kasih komen, agar komen dan artikelnya nyambung🙂
    Tapi gapa akan ane tanggepin dulu komen Bro, gini mobil ini emang dikembangkan untuk tujuan ofroad (diparagraph 1) jadi bukan untuk kere-kerenan apalagi untuk dipakai sekolah ya (saran saya kalo ke sekolah naek sepeda aja biar ga nambah polusi he..he..he..)

    Karena Peruntukannya Offroad jadi sejauh ini secara umum kita setuju kalo “tarikan” dan tenaga 2 tak lebih handal ketimbang 4 tak. Dan jangan kuatir produksinya ga akan semasal kijang (meski produsennya berharap seperti itu) tapi ane rasa ga mungkin karena sekali lagi ini mobil bukan mobil biasa, ini mobil offroad hanya orang2 tertentu yang membutuhkannya. Sehingga polusi ga akan sebanyak mobil biasanya.
    Terus kalo menyoal komodo asli yang ga bikin polusi Kijang, Panther, Kuda bahkan Garuda yang asli juga ga bikin polusi🙂
    Pemberian nama Komodo karena alasannya mobil ini bisa melalui jalur kering dan basah di medan yang extrim sekalipun. Hal yang sama juga jadi rujukan pemberian nama kendaraan lain. misalnya Mobil Kijang mungkin karena kijang identik dengan kecepatan larinya.. iya to? jadi ga usah mendebat yang nggak-nggak deh.. berasa kelihatan tambah gimana gitu..🙂

  6. wah sayang gak bisa ngetop dong x gt, lain x bikin yang bisa ngetop ya mas, kalo perlu minibus aja kyk angkot tapi bisa bersaing dg yg made in mancanegara (kuat dan ekonomis)

  7. COBA HARGANYA KAYAK MOBIL CINA GELLY YANG CUMA KISARAN 13JTAN………PASTI…LARIS MANIS……….

  8. Ping-balik: Demam Esemka, Semoga Menjadi Momentum Positif bagi Dunia Otomotif Indonesia « "semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfat"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s