Mengapa Mesin Kendaraan Bisa Mendadak Mati Ketika Melintas di Atas Rel Kereta Api dan Apa Solusinya?

Beberapa waktu lalu, di salahsatu ruas jalur kereta api di Padang telah terjadi kecelakaan yang melibatkan sebuah mobil berpenumpang 6 orang. Tanpa ada unsur menyalahkan siapapun dalam insiden tersebut, di postingan kali ini akan saya sharing sebuah ulasan tentang salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan yang sering terjadi di perlintasan kereta api. Ulasan tersebut saya ambil dari forum yang ada di http://www.panipahan.com/ berikut ulasannya.

Sering terjadi berita mengenai kendaraan yang tiba tiba macet diatas rel kereta api waktu diperlintasan yang cukup mengerikan dan banyak korban jatuh. tentu saja tabrakan tak imbang tersebut akan membawa petaka besar bagi pengendara mobil, sedangkan Kereta api akan tetap berlalu begitu saja. Apa sebab banyak kasus mobil mendadak macet diatas jalur rel ? jawaban nya adalah timbul nya gesekan antara roda kereta dengan relnya, paling tidak itu penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS), lebih lanjut Djoko menuturkan bahwa hal tersebut ada akibat impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan, impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.

”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.

Ada dua tips sederhana dalam menyikapi keadaan sepersekian detik yang “mengancam jiwa” tersebut, kalau menurut Ir.Djoko diatas adalah bila kendaraan tiba tiba macet, segera keluar dan berusaha mendorong mobil keluar dari perlintasan ( itupun jika sempat, paling tidak kita sebagai manusia sudah berada di luar mobil dan terhitung aman dari petaka) mungkin pada kasus ini kita disuruh memilih, Nyawa apa kendaraan. Tips kedua adalah dengan membunyikan klakson sebisa mungkin pada saat mobil kita stuck di atas rel . Mengapa? karena medan listrik yang ada di atas rel kereta api sangatlah tinggi akibat gesekan dengan Kereta api dan mampu bertahan hingga 3 jam, mengapa klakson? karena klakson bisa memutuskan aliran listrik. Walaupun begitu hanya anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan anda lakukan bila anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena situasi sekitar dan juga kejiwaan ( faktor kegugupan dan ketenangan) sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada waktu itu, jadi segera putuskan sesuatu untuk menyelamatkan jiwa anda.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s