Mobil ciamik ESEMKA hasil kreasi anak SMK

Mobil Esemka (sumber: detikoto.com)

Mobil Esemka (sumber: detikoto.com)

Hadir lagi sebuah mobil karya cipta anak negeri, kali ini sangatlah membanggakan karena pendevelopnya adalah siswa SMK. Dan karena itulah mobil ini dinamakan Esemka. Mesin mobil ini menggunakan mesin eks Timor berkapasitas 1500cc.

Berbeda dengan tampilan mobil nasional yang lain, Esemka hadir dengan body dan bentuk ciamik.”Ini adalah buah karya siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang mereka kerjakan sendiri,” jelas Kepala Sekolah SMK 1 Singosari Malang H. Bagus Gunawan, salah satu SMK yang berperan dalam pembuatan mobil nasional Esemka ini ketika berbincang dengan detikOto, Rabu (20/5/2009).

Kesemua proyek Mobil Esemka yang dibuat para siswa SMK ini memiliki 5 jenis yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. SMK 1 Singosari Malang kebagian memproduksi pick up double cabin yang dinamakan Esemka Digdaya. Mobil lain dikerjakan oleh SMK lainnya.

Proyek ini sengaja dibuat dengan dorongan dari Depdiknas. Meski pembuatan bodi dan finishingnya  masih hand craft namun hasilnya tidak kalah dengan mobil Pabrikan. Sangat membanggakan bukan? SMK lain yang berperan dalam pembuatan mobil Esemka ini antara lain SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Magelang Yogyakarta, untuk bodi dan desainnya.

Kemudian mesin dikembangkan oleh SMK 4 Negeri jakarta, dan SMK 1 Cobinong. “Mereka bekerja sama dengan PT AIKA (Autocar Industri Komponen),” ujar Staf Ditjen Pembinaan SMK Depdiknas Herdiana kepada detikOto.

About these ads

47 thoughts on “Mobil ciamik ESEMKA hasil kreasi anak SMK

  1. mantabh kali laeee

    brrrrrrraaaannnggggkaaattttttttttt

  2. ini yang kita tunggu-tunggu …….. !!!!!!!!!

    ayooo Bangkit INDONESIA… Bikin mobil MURAH..!!!!!!!!! Jangan kita terus beli mobil negara LAIN..!!!!!!! ENAK AJA….. KITA BISA!!!!!!!!!

  3. INDONESIA BISA. inilah 1 lg karya anak bangsa. klo mobil ini diproduksi masal. insyaAllah klo ada rejeki gue beli deh. I LOVE PRODUK INDONESIA

  4. Insya allah, tahun ini adalah tahun dimana Bangsa Indonesia menumbangkan satu keyakinan dunia luar yang menganggap bangsa kita tidak mampu mebuat produk yang berkwalitas…Maju terus teman-teman kami siap menjadi pendukungmu…I Love Product Indonesia

  5. DARAH KU 100% INDONESIA DAN UNTUK INDONESIA..
    JANTUNG KU 100% INDONESIA UNTUK INDONESIA..
    SAMPAI KAPAN PUN INDONESIA..
    JIWA RAGA KU UNTUK INDONESIA..
    AKAN AKU KAWAL REPUBLIK TERCINTA INI SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN..
    MOBIL KU HARUS BUATAN TANGAN TANGAN INDONESIA, YANG SUDAH DI TETESI OLEH KERINGAT KERINGAT ORANG INDONESIA..
    -KORPS BRIMOB-

  6. Memang sudah sepatunya bangsa Kita memproduksi & mengembangkan industri yg menggunakan teknologi tinggi dgn rancang bangun putra/putri terbaik bangsa ini. Di Dunia Kita adalah negara terbesar ke 5 baik wilayah maupun jumlah penduduknya. China & India sudah jau menggunguli bangsa Kita. Saat ini jangankan dgn 2 negara tersebut bahkan dengan Malaysia, Thailand & bahkan Iran pun sudah mampu membuat Mobil sendiri.
    Saatnya Kita bica Indonesia Teknologi,,….., semoga.
    Asal jangan mengulagi kekonyolan yg penah dibuat oleh mobnas TIMOR yang mempermalukan bangsa di dunia international……

  7. Iseng2 googling mobil buatan Indonesia eh ketemu yang namanya Esemka, Pas liat exsteriornya keren banget.
    Gua kagum banget nih. Harus diseriusin lagi Siapa tau nanti jadi tuan rumah di negeri sendiri terus bisa diekspor kaya mobil2 Jepang. Jangan kalah ama Malaysia Kreatifitas bangsa Indonesia harus ditingkatkan lagi nih. Bravo

  8. hak ciptanya gimana tuh???
    komponennya bukannya dari luar semua? mesin eks-kia sephia (dengan badge timor), trus gearbok, suspensi, bodi, dll????
    klo cuma rakit2 dan kanibal2 aja sih GA USAH BANGGA LAH….
    nanti klo kita bisa bikin mobil dengan 100% komponen desain dalam negeri (pembuatan bisa di luar negeri klo blm punya teknologi disini) BARU KITA BISA BANGGA…. seperti ketika IPTN-N250 terbang… 100% karya bangsa sendiri… (tapi disia2kan juga oleh bangsa kita sendiri….)

    • JANGAN CUMA MENGHUJAT INDONESIA…. LOE TINGGAL DIINDONESIA. SETIDAKNYA LOE HARUS BANGGA PUNYA ANAK2 BANGSA YANG POTENSINYA BAGUS MESKIPUN MASIH KANIBAL MESIN

    • DODOL adl termasuk sebagian manusia didunia ini yg berTYPE REAKTIF . manusia reaktif itu nyaris hidup tanpa ide . bila KARAKTER REAKTIF terdapat pada manusia berhati tidak mulia , maka mereka akan sebagai sandungan diantara kita bahkan dalam kondisi extrim akan menjelma menjadi Teroris .

  9. Saudara Dodol, apa yang anda sampaikan mengenai fakta komponen memang bener bukan / belum semuanya dari lokal. Tapi kalau menilik lagi siapa yang merakit mobil ini, kita patut untuk BANGGA, karena adik-adik kita dari SMK saja sudah mampu menyuguhkan karya seperti ini, mungkin ini adalah awal dari hadirnya geliat teknologi otomotif dalam negeri. Sebagai pemicu semangat anak bangsa yang lain seperti Saya, Mereka dan juga mungkin penyemangat buat Anda.. Karena kita jangan hanya bisa menuntut apa yang bangsa ini bisa berikan pada kita, tapi marilah kita berusaha memberikan sesuatu kepada bangsa ini demi kejayaan bangsa..
    Maaf, kalau kita cuma bisa menghujat dan menjatuhkan semangat kapan bangsa ini akan maju bersama.

  10. Ada ide, kalo udah dijual, jaringan after sales servicenya mengikuti jaringan SMK berada, terutama dimana ada SMK teknik disitu bisa menerima servicenya.. lho ask tho, bisa nambah2 penghasilan.. :))

      • Bagaimana nasib kelanjutan Mobil ASEMKA…..?, semakin hari semakin kabur kelihatannya……!!!!
        PT.INKA yang menjadi harapan diknas bisa di ajak kerjasama untuk produksi ternyata tidak bersedia……!!!

  11. @Dodol : emang “dodol” tuh otak lu..!!! begini ini orang yg ga mau menghagai karya orang lain. ayo maju terus INDONESIA, jangan hiraukan orang macam begini..

  12. waduh mas Dodol..belum apa2 sudah menghujat.apa kamu tidak mau melihat bangsa ini maju???
    jujur..saya langsung merinding begitu melihat sosok mobnas diatas.
    Go Indonesia..Gooooo!!!

  13. Cari industri karoseri yang bisa diajak kerja sama untuk mengembangkan dan memproduksi MOBNAS ESEMKA, segera jadikan mimpi kita kenyataan yang membanggakan anak bangsa. kapan lagi………….!!!!!! Aku mau beli dan punya mobil pribadi karya bangsa sendiri…….. .AYO LANJUTKAN…….LEBIH CEPAT LEBIH BAIK….

  14. Well…very nice…..gw bangga bgt…
    Pemerintah Indonesia sudah sepatutnya melihat ini sebagai awal semangat anak bangsa untuk lebih maju dan tidak kalah dengan negara lainnya…..Saya sangat yakin bahwa sebenaranya bangsa kita ini memiliki SDM yang potensial…
    Maju terus….!!!!!…Tetap semangat dan berkarya yang terbaik…

  15. sbg pecinta produk Indonesia,sy dukung banget karya ini.but,ke depannya sy tetep berharap bahan2nya asli punya kita dan ga pake eks lg.oia,ntar buka dealernya di bontang,kaltim ya.spy klu kami ada rejeki membelinya,ga jauh2 buat service.oce!maju terus pantang mundur!!!

  16. Aq tu g habis fikir. Coba aja liat pejabat” kita yang bangga nentengin mobil yang harganya ngga cukup puluhan juta malahan ber milyar-milyar produk luwar lagi. Coba kalo produk indonesia kan g bakal ngeluarin segitu dalemnya tu dompet. Ayo dong dukung orang kta sendiri. Jangan bikin bangsa lain tertawa. Bikin bangsa kita sendiri tersenyum. Ok

  17. 1000% aku mau beliiiiiiiiiiiii, jangan kelamaan, tahun 2010 mulai mobil hybrid dan kedepannya mobil listrik,mobnas harus lebih gesit baca pasar,vvti okelah,dtsi okejuga,tapi diarahkan ke mobil hibrid dan listrik karena jaman sudah menuntut, smk harus jadi pemain, aku dukung kerja sama dengan kanzen motor ( pribumi couiiiiii 1000% ), minta pemerintah konsumen nomer wahid (50%) dari pusat sampe daerah,jadi mobil laku,aku setuju, jangan mobil luar, hargai mobnas keringat dari smk indonesia jaya,bravo……..(aku orang mould ang dies)

  18. 1. mesin eks timor, itu mah cuka ngerakit namanya. bengkel manapun kalo cuma buat body sih bisa, mesin beli aja mesin dari luar.
    2. kalo kasi nama itu yang menjual. kalo disuruh pilih harrier ato esemka, nama mana yang dipilih orang? pemilihan merk dan nama itu sangat penting. ga usah nama2 yang nasionalis la, karena pengennya kan persaingan global.
    3. to slow on technology. orang udah pake mesin hybrid, vvt-i, drive by wire, break by wire, dsb2… where’re ur tech man???.

    masih jauh dari mimpi mass production rasanya. belum ada sistem yang jelas (produksi, dist, service). belum memenuhi keinginan pasar. saya rasa ini cuma ajang coba2 anak2 SMK saja, belum ada keseriusan didalamnya.

    • 1. “bengkel manapun kalo cuma buat body sih bisa,” bisa sih bisa… tapi buat model kaya gitu juga butuh pemikian.. lo mampu gak.. …
      2. 3. to slow on technology. orang udah pake mesin hybrid, vvt-i, drive by wire, break by wire, dsb2… where’re ur tech man???…. lo sendiro gak tau kan technologi esemka….

  19. Ikut mendukung 100% geliat Mobnas yg dimotori Depdiknas & SMK. Saya harap semua pihak lain ikut membuka mata dan mau melirik dan menyumbangkan potensinya untuk terwujudnya industri Mobil Nasional. Kalangan pendidikan tinggi yang tentu saja telah memiliki ilmu yang lebih tinggi harus turun tangan untuk memimpin di sini. Saya yakin banyak desainer otomotif yang top, insinyur mesin yang canggih, insinyur elektronika yang jagoan, yang dengan sedikit bantuan dari para pengusaha / bankir investasi yang kakap bakal bisa melakukan kick off untuk sebuah perusahaan industri otomotif yang serius, dengan diperkuat tenaga cerdas & terampil dari lulusan SMK sebagai motornya.

    Semoga SBY tidak hanya “berharap”, tapi bisa menggerakkan para menterinya untuk bekerjasama membuat sebuah BUMN Mobil Nasional yang SERIUS dan profesional.

    Salut!!

  20. Ada yang tau harga “mesin”-nya saja ?? Tolong info ke saya ya…saya lagi “bikin” mobil juga…tapi kalau lebih dari $5000,mending ambil 2JZGTE toyota…thanks ya…

  21. apapun karyanya, apapun komponennya, seyogianya kita mendukung karya anak bangsa sendiri, kalo g bisa ngedukung materi, ya,,, kasih smangad aja,,, jgn malah meremehkan saja,,, semua di mulai dari yang namanya di coba, kalau memang bagus knpa engga kita gunakan saja itu mobil.

    semangaaaad,,,!!!

  22. Jangan hanya teriak2 bantu desak tu ke yang punya otoritas (pemerintah dan jajarannya) bantu dong biar biaya OTR kendaraan produksi dalam negeri di 0 kan. Tidak ada kontribusi apapun pemerintah dan dpr untuk kemajuan oto motif ini. Atau keenakan terima upete dari pabrikan Jepang, Malaisia, Amerika, Korea atau negara sejenisnya…
    APAKAH ANDA BENAR BIROKRAT KITA ORANG INDONESIA….
    atau BAJU DONG…..
    Salut buat ESEMKA

  23. KALO BISA HARGANYA DI BAWAH 100jt. kalo sama dgn harga mobjap, pasti 100% org pilih mobjap deh… ato mobkor yg agak murah.

  24. harusnya harganya lebih murah…………biague beli…. kl harganya sama dg produk japan yah ama aj boong. lebih baik produk luar yg kualitasnya udah teruji…..

  25. TAI KEBO…. MAU 2JZGTE toyota, harrier itu terserah elo…. Indonesia sudah bergerak bro… tolong hargai itu, paling-paling loe juga hanya koment gak mampu beli bajaj ato bemo jangankan harrier ato ranger…. BRAVO ESEMKA MAJU TERUS…. INDONESIA MENDUKUNGMU

  26. kalo bs mobil nie sgr kluar, sy mo nie TUK iNDONESIA ..
    Indonesia Bangkit Tuk lebih MANDIRI.. meski lon 100 % but BRAVO tuk SMK iNDONESIA..

  27. usul to pak mendagri, buat aturan yg mewajibkan seluruh kepala daerah di indonesia untuk menggunakan mobil karya anak negeri…

  28. Yang ini unik. Ada berita sedih bagi dunia pendidikan Kabupaten Malang. Siswa-siswi kelas XI SMKN 1 Singosari (Mondoroko) disuruh guru mata pelajaran Wirausaha untuk jualan asesoris BROS buat hiasan baju wanita. Coba sobat bayangkan sobat,,… siswa jurusan ALAT BERAT disuruh jualan BROS. Apa jadinya?? Nggak lucu !….. Mereka dipaksa oleh gurunya menjual sampai habis itu bros. Jika tidak laku terjual, maka setiap anak wajib membayar Rp. 24.000 dengan dalih memenuhi KETUNTASAN mata pelajaran(KKM) tersebut. seharusnya si guru sedikit BERFIKIR atau menggunakan otaknya sedikit saja untuk mencari bagaimana agar anak-anak STM ini punya jiwa wirausaha. Saya usulkan guru-guru model begini segeri dipensiunkan karena hanya membebani anggaran negara dan hasilnya siswa gak tambah pintar, malah diplo-kotho… ! Kapan majunya Indonesia????

  29. Ping-balik: Demam Esemka, Semoga Menjadi Momentum Positif bagi Dunia Otomotif Indonesia « "semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfat"

  30. tinggal respon para pemimpin bangsa kita, mau menindak lanjuti keberhasilan ini atau tidak,,,,jangan seperti kawan2 kita para jenius yang diabaikan yang akhirnya durekrut sama orang luar, gooooooooooo a head ESEMKA…gue dukung ente 112%…

  31. maju terus indonesia..,, gali terus potensi-potensi yang ada di indonesia…., sudah waktunya kita bangki. .

  32. nah …mari kita biasakan menyitai produk dalam negri………aku yakin jika kita terus menerus mengembangka sda lokal maka kita tak kan kalah dengan negara 2 lain … ayo… buktikan …..inilah namanya mengisi kemerdekaan yang sebetulnya…….aplouse

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s