“Tawon” satu lagi cikal bakal Mobnas kebanggaan RI

Tawon

Tawon

Nama mobil ini memang unik, mengambil nama binatang, yakni Tawon (Lebah). Mobil nasional kreasi PT Super Gasindo Jaya ini dibanderol Rp 48 juta.

Tawon merupakan mobil nasional selain Arina dan GEA di Indonesia. CEO PT Super Gasindo Jaya Koentjoro Njoto mengatakan saat ini pihaknya sedang mengembangkan mobil merek Tawon berpenumpang 4 orang dengan banderol Rp 48  juta on the road.

“Kalau kita  buat model yang terbaru banyak masalahnya, salah satunya dari sisi cost,” ucap Koentjoro kepada detikOto di arena Pameran Produksi Indonesia (PPI) di JIExpo, Kemayoran, Rabu (13/5/2009).

Mobil Tawon yang dibanderol seharga Rp 48 juta (On The Road), menurutnya terbilang murah cocok bagi kantong masyarakat Indonesia secara keseluruhan.
Setidaknya saat ini Tawon mampu diproduksi hingga 600 unit per bulan.

Mobil yang diproduksi di Rangkasbitung ini memiliki kapasitas mesin 650 cc hampir sama dengan mesin milik GEA, namun sayangnya dari sisi sentuhan model lebih terlihat klasik dan tingkat  kehalusan pengerjaan, mobil ini masih terlihat kaku.

PT Super Gasindo Indonesia Jaya (GIJ), ternyata tidak sembarangan memberikan nama Tawon pada mobil lokal produksinya. Menurut CEO GIJ, Koentjoro Njoto, mobil tersebut dinamakan Tawon karena filosofinya, Tawon itu rajin bekerja. “Bayangkan saja, pagi-pagi sudah bekerja,” paparnya di sela-sela Pameran Produksi Indonesia (PPI) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/5/2009).

Selain itu, tambah Koentjoro, Tawon memiliki komunikasi yang sangat tinggi antar sesamanya. Serta hanya mau bersarang di tempat yang bersih.

Mesin BBG 600cc

Mesin BBG 600cc

Tawon pun menghasilkan produk yang berdayaguna seperti madu, serta dengan sengatnya, membuat Tawon tidak mudah diganggu.

Mobil ini menggunakan bahan bakar gas CNG, jadi sudah memenuhi standarisasi Euro III, sehingga ramah lingkungan. Berkapasitas 650 cc, 4 percepatan manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100 km/ jam. “Ini sudah di tes jalan ke Bandung,” ujar Koentjoro, seraya menyatakan, konsumsi gasnya 1kg untuk 20 km.

Tawon yang mulai dikembangkan sejak tahun 2007, dan diproduksi sejak tahun 2008 lalu sudah mengandung 90% kandungan lokal.

Konsumen yang ingin memilikinya, bisa memesan warna bodi maupun interiornya secara custom. “Sesuai dengan keinginan mereka, kita siapkan,” ujar Koentjoro.

Tawon, yang memiliki lokasi pabrik di Rangkas Bitung, Banten ini, akan dipasarkan untuk kendaraan komersil “Kita coba sasarkan untuk mengganti Bajaj,” ujar Koentjoro.
( hen / ddn )  dan ( bgj / ddn )

Interior dalam Tawon

Interior dalam Tawon

Wajah Depan Tawon

Wajah Depan Tawon

Berita ini di sarikan dari : http://oto.detik.com/

UPDATE 15 APRIL 2010

Saudaraku semuanya, ini ada undangan sekaligus pengumuman bagi yang mau melihat langsung sosok Tawon silahkan simak pengumuman berikut :

Dengan ini kami mengundang Bapak2 dan Ibu2 Sekalian untuk menghadiri PAMERAN INDUSTRI ALAT TRANSPORTASI DAN PENDUKUNGNYA, yang akan diselenggarakan pada:

Tanggal : 13 April 2010 s/d 16 April 2010
Jam : 10.00 s/d 17.00
Tempat : PLASA INDUSTRI – Deperteman Perindustrian – Jl. Jendral Gatot Subroto Kav 52 – 53 – Jakarta Selatan 12950

Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak2 dan Ibu2 sekalian, untuk memberikan masukan serta dukungan untuk kemajuan MOBNAS di Indonesia.

Salam,

Dewa Yuniardi
Ketua Bidang Pemasaran / Hubungan
ASIA NUSA

Jadi silahkan bagi yang mau memberikan masukan untuk kemajuan Mobnas dateng langsung aja ke TKP, ataw agan-agan yang mau nyoba serahin desain mobil yang lebih bagus -karena merasa malu dengan desain yang sekarang- juga silahken langsung dibawa, sapa tahu desain agan-agan bisa menggantikan bentuk yang sekarang.. :-)

Ayo beri aksi nyata, berkontribusi untuk kemajuan bangsa…!!!

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

96 gagasan untuk ““Tawon” satu lagi cikal bakal Mobnas kebanggaan RI

    • Iya Yoppy, mobil ini belum cocok untuk daerah yang belum ada stasiun pengisian BBG. Masak mau di isi ke depo gas LPG kan ga lucu ^_*

  1. Kalo bentuknya sih iya masih jadul….. :D tapi sdh baguslah anak bangsa sdh bisa bikin mobil. Tapi kalo mau dipasarkan mungkin lebih baik kalo di desain ulang lah baik itu Tawon, GEA ataupun Arina, kan banyak anak2 muda Indonesia yg jago bikin desain, sayang donk kemampuan mereka disia-siakan (daripada bikin rekayasa gambar artis telanjang) mending dibuat sayembara aja utk lomba bikin desain mobil2 tsb.
    Utk bahan bakar mungkin bisa dibuat Hybrid (BBM + BBG) aja….

    • Setuju ama usulan Mas Ha Ge, meskipun proyeksi mobil ini (tawon) adalah (hanya) untuk pengganti Bajaj, atau apalah nantinya.. Yang jelas kalau dah ada niatan baik jangan setengah-setengah.. Dan semoga pemerintah juga mendukung geliat otomotif dalam negeri kita ini. Jangan sampai nantinya (karena ada tekanan dari pihak asing yang merasa terancam dengan geliat ini) lagi-lagi pemerintah kita melakukan blunder kembali dengan mematikan kreativitas anak negeri…

    • berita terakhir sih udah di produksi masal Pak, mungkin di dekat daerah produksinya sono tawon sudah mulai dikenalkan (baca dipasarkan) ke masyarakat..

  2. Bagus lah…menurut saya..pemerintah mengahapuskan pajak PPN (subsidi) untuk mendongkrak penjualan mobil nasional ini..sehingga mobil nasional bisa menjadi murah dan terjangkau…

  3. gw berharap mereka bisa buat sedan kedepannya bisa seperti proton… yg serius di bidang motor sport juga……

  4. Alhamdulillah….semoga bangsa ini semakin pd didalam berusaha untuk berdiri dg kakinya sendiri …siapabilang generasi kita cengeng…buktinya masih bisa bangkit …bisa membuat kendaraan roda empat antara lain Tawon, Gea, Arina, Komodo, Esemka …sukses lah dan semakin bagus kwalitasnya bisa bersaing dipasaran …..

  5. Bagaimana dengan mesinnya…? buatan lokal apa dari luar…?.
    Kalau mobil ini ingin cepat diserap pasar sebaiknya produsen mau mempelajari kebutuhan pasar. kalau sasarannya hanya u/ penganti bemo/bajai, Saya khawatir nasibnya nanti bakal sama dengan mobil kancil…heboh sebentar & hilang tanpa bekas. Keanapa tidak meniruseperti TATA Mtr INDIA, mengarap mobil murah dgn design lbh diterima pasar luas.
    Saya yakin kalau designya ok harga juga ok bukan tdk mungkin mobnas ini bisa laku / diterima pasar bukan hanya dalam bakan mugkin luar negrei.

  6. Bagus tuh kreasi anak negri tapi apa ngak bisa di desain modelnya kayak katana……..atau carry sehingga agak elegan….lah dan untuk BBM nya harus ada yang pakai bensin sehingga bisa di jual di daerah kalimantan……….banyak kok peminatnya asal di dukung service dan spare partnya……..

  7. klo menurut saya sudah cukup kreatif utk dpt membuat mobil ini, tapi rakyat kita kalau disuruh memilih pasti masih memihak kepada mobil second jepang yg harganya sekitar 40jt-an, karena menurut saya harga yg dibanderol utk mobil ini masih cukup mahal, seharusnya utk harga pertama promosi jgn dibanderol dgn harga jual yg mahal, karena rakyat belum mengetahui ketangguhan dan kehandalan dari mobil ini, selain itu rakyat juga msh mengkhawatirkan dgn ketersediaan spare part di pasaran, lalu harga purna jualnya, karena model dan aerodinamis mobil ini yg kurang bagus akan menghilangkan selera pengendara utk memiliki mobil nasional ini, kembangkan terus kreasi mobil anak bangsa tapi dengan harga promosi yang murah agar rakyat dapat menilai hasil kreatifitas anak bangsa, sebab harga jual dpt ditentukan dari kepuasan pengguna mobil tersebut.

  8. alhamdulillah akhirnya bukan hanya madunya aja yang menyehatkan tapi mobilnya juga ikut menyegarkan………mudah-mudahan yang naik mobil ini tidak kena sengatannya yang menyakitkan……….

  9. mobil kok tawon…..lha yo nanti malah ngentupi yang lain malah pada pating penyonyo….tp salut buat ank yg dah kreatif nyiptain Mobnas mski desainnya blm max,,,,,smg kdpannya bs lbh bgs model and desainnyadan tdk lp jg harganya jgn mhal2…hrga mahasiswa gtu…..

  10. Inilah sifat orang Indonesia, kalo bisa dijual mahal kenapa harus dijual murah?????? yang menghambat Indonesia untuk maju

    • Saya tahu kalo anda sebenernya orang Malaysia dan seorang muslim..
      Saya sungguh menyayangkan komentar anda di blog ini. Tak seharusnya seorang muslim bersikap seperti itu. Ikut dalam provokasi perseteruan tidak jelas antara dua negara yang mayoritas beragma islam.

    • kalo diliat dan dibandingkan dengan mobil modern jaman sekarang ya emang jauh ketinggalan bro.. tapi kita patut apresiasi kemajuan industri otomotif tanah air.

  11. boss, aq mo tanya, kalo bbm nya pake gas, gimana untuk pantura (jateng) yg notabene blm ada pengisian bbm gas, apakah bisa di modifikasi dengan gas tabung ukuran 12 kg ? caranya gimana ?

  12. gimana kalau desai nnya selevel kaya mitsubhishi city car itu. pasti ok! komentar buruk dari negeri banci sebrlah sebaiknya gak usah di masukin hati bro! viva nusantara!

    • Pak kris coba langsung hubungi pabrinya PT GIJ. Saat ini (April 2010) sedang ada pameran di gedung Depperin Jl. Gasub Jakarta

  13. India bisa membuat mobil dgn harga 23.000.000 masa indonesia tidak bisa, trus jangan takut sama produsen asing. lihat india, malayasia, korea, cina, hanya indonsia yang pengecut pemerintahnya, banyak mementingkan orang asing dari pada bangsa sendiri, bravo produk indonesia, klw bisa 20.000.000 pasti bisa.

  14. @tumewu: mbl india tata nano?? Kl mbl itu yg dimksd bnyk yg complain di luar, kualitas buatan jg buruk (bbrp panel bodi disambung pakai lem, bkn las sbg mana biasanya).

    Sy tdk yakin apa mbl yg develop ini sdh tes jln di berbagai kondisi, terlihat sprt asal jadi. Apa tes jln di bawah panas terik, hujan; tes suspensi di jln berlubang atau gelombang; tes insulasi apakah air bs merembes ke dlm kabin. Bgaimana kl terjadi tabrakan?? Bagaimana aspek ‘reliability’?? Biarpun mrh, tdk semua konsumen mau membeli mbl yg dibuat dgn asal jadi.

  15. kalah model sama yang buatan anak” stm waktu itu…
    ga ada seninya sama sekali ini mobil..
    bagaimana sama keamanan kendaraan buruk ini? udah di uji apa belom ya? atau jangan” diproduksi untuk mengurangi jumlah penduduk kale ya…ha…ha…

  16. Hebat nih, tapi kalo mau lebih cepat, sebaiknya tiru China, akuisisi aja perusahaan mobil yang udah mau bangkrut, jadi style, teknologi mesin & fitur2 sudah bagus, contohnya Tata mobil beli Jaguar, dia bisa serap semua teknologi Jaguar, ntar dia bisa buat dengan nama sendiri…

  17. Kalau saya boleh saran. Kenapa untuk desainnya tidak mencomot dari mobil-mobil jepang. Tidak sama persis namun di buat mirip saja. Misal China mencontoh Chevy Matiz/Spark.
    Atau kenapa tidak membuat mobil sport dari desain mobil-mobil jepang yang sudah stop production. Misal RX7 di desain ulang dengan parts indonesia dibuat cc kecil (bukan rotary)sehingga irit bensin sehingga yang di tonjolkan adalah desainnya untuk performa menyesuaikan kebutuhan pasar. Dibuat irit bensin meski tenaga tidak besar saya yakin pasti banyak pembelinya. Untuk membeli lisensi desainnya tentu tidak akan semahal membeli desain mobil baru. Sehingga bisa menekan harga jual.
    Saya yakin jika mobnas memperbaiki desain dari mobil ini, maka peminatnya juga bertambah.
    Atau mobnas berfokus untuk kendaraan umum, seperti bus kota yang lebih bagus dan ramah lingkungan, sehingga masyarakat cenderung tidak menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umumnya sudah baik. Dan kemacetan serta polusi bisa dikurangi.

  18. Sebaiknya desain Tawon dibuat, mirip dengan daihatsu Kancil yang mempunyai model sederhana, jangan dipaksakan bentuk AERODINAMIS tapi belum dapat menyamai mobil yang sudah populer seperti Honda Jazz, Chev.Aveo, Chev. Zafira, Namun demikian saya sangat senang bangsa Indonesia sudah memulai produksi otomotif asli. Saya yakin ke depan PT. SGJ akan membuat model mirip Chev. Spark, Suzuki Estilo, Honda New Jazz bahkan mirip Toyota Avanza, Daihatsu Xenia yang begitu laris manis. Tapi sayang pembeli kita masih mengutamakan produk asing yang jelas keuntungannya untuk asing. Mari kita sama-sama membeli produksi otomotif asli Indonesia. Dan saya mengharapkan Pemerintah Indonesia memprioritaskan mobil dinas pegawai negeri adalah MOBNAS asli. Insya Allah.

  19. jelek bener ni mobil… tu artikel masi pake bahasa halus segala buat nyela modelnya.. “kaku” dari hongkong.. jelas2 ancur!!

    coba tolong ketika mendesain, maka desain lah sesuatu yang memang bisa dibanggakan, selama ini Indonesia terlalu cepat bangga hanya dengan sekedar “bisa membuat” bukan “membuat dengan bagus”….

  20. sebagai orang yang pernah belajar PPKn pasti cinta tanah air. berarti harus mendukung produk dalam negeri, jangan cuma bisa mencela.. klo kamu bisa buat yang lebih baik kenapa tidak kamu buat??
    bravo tawon.
    lanjutkan pengembangan ke arah yang lebih baik!

  21. maaph mas..
    sebelumnya saya mw memberi pengumuman
    klo kami akan mengadakan pameran mobil yang mungkin akan di adakan tahun depan..

    boleh minta CP yang bisa dihubungi untuk meminta izin agar mobil ini dapat di pamerkan
    sekaligus memberitahu pada masyarakat luas bahwa kita sudah mampu memproduksi mobil sendiri..

    bila berkenan dapat dikirimkan ke email saya
    bunny_kfa@yahoo.com

  22. Saudaraku semuanya, ini ada undangan sekaligus pengumuman bagi yang mau melihat langsung sosok Tawon silahkan simak pengumuman berikut :

    Dengan ini kami mengundang Bapak2 dan Ibu2 Sekalian untuk menghadiri PAMERAN INDUSTRI ALAT TRANSPORTASI DAN PENDUKUNGNYA, yang akan diselenggarakan pada:

    Tanggal : 13 April 2010 s/d 16 April 2010

    Jam : 10.00 s/d 17.00

    Tempat : PLASA INDUSTRI – Deperteman Perindustrian – Jl. Jendral Gatot Subroto Kav 52 – 53 – Jakarta Selatan 12950

    Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak2 dan Ibu2 sekalian, untuk memberikan masukan serta dukungan untuk kemajuan MOBNAS di Indonesia.

    Salam,

    Dewa Yuniardi
    Ketua Bidang Pemasaran / Hubungan
    ASIA NUSA

    Jadi silahkan yang mau memberikan masukan untuk kemajuan Mobnas dateng langsung aja ke TKP, ataw yang mau serahin desain mobil yang lebih bagus -karena malu dengan desai yang sekarang- juga silahken langsung dibawa sapa tahu desainnya bisa menggantikan bentuk yang sekarang.

  23. DIMANA SAYA BISA MELIHAT SHOWROOM MOBILNYA ? BALEZ KE ALAMAT FB SAYA KARENA SAYA BUTUH MOBIL DGN HARGA 50JT TAPI MODELNYA DIBUAT LEBIH KEREN DONK. MAJU TERUS OTOMOTIF INDONESIA

  24. …satu langkah bagus.. dengan membikin mobil nasional…
    tapi yang Saya sayangkan… kenapa designnya sangat tidak menjual..!!
    saya sangat setuju dengan mr. Ha Ge…
    mending di lombakan saja untuk designnya…

    dari segi mesin sih OK….tapi Saya pribadi sangat marah lihat design yang seperti itu….kenapa kita yang muda2 tidak di libatkan atau di ajak berpartisipasi untuk berperan dalam mobil nasional ini..!!

    Saya pribadi mau DAN RELA loh.. design mobil ini tanpa di Bayar..!!
    demi product Indonesia…yang bagus.. dan tidak malu-maluin tampilannya… yahh design yang bisa menjual lah….

  25. kagak napsu guwa mah, kalo secara mesin si oke, kalo perlu bikin yang bisa dikasi makan LPG, tapi body dan interiornya itu, alamaaaaakkkkkk……… bejibun bengkel modif di indonesia, masak gak bisa bikin yang lebih anggun dan bisa dibanggain gitu

    • Bro phy selamat,ternyata ente masih normal karena ga napsu ama jenis mobil, dan semoga masih napsu ama lawan jenis… :) *peace bro*

      He..he..mungkin ente ga baca dengan detail artikelnya ya? Untuk interiornya bisa dicustom sesuai permintaan. Dan gini bro, ni mobil emang sengaja didesain untuk ngegantiin bajaj. Jadi kalo mau desain ulang ya silahkan beli satu terus dirombak ke bengkel modif yang dah bejibun ada di Indonesia :)

      Kalo mau mobnas yang desainnya dah Ok ceba cek Mobnas ESEMKA

      • Bagi sy sdh agak lumayan,anak bangsa indonesia bisa produksi mobil soal nama tawon cukup baik, hidup indonesia kedepan anak cucu kami yg akan meneruskan yang lebih terbaik.tks.

  26. wah body nya lucu banget tuh, coba kl dibuat spt body honda jazz, atau suzuki swift atau kia carens atau katana sekalipun, masak sih Ir Indonesia gak bisa buat body cantik.kl bisa, laku keras tuh, asal dijamin ketersediaan service n spare part nya.

    • tenang aja bro Bakrie, mobil ini emang untuk menggantikan bajai rencananya. Jadi kalo mau mobil yang bodinya ciamik tunggu aja produk2 selanjutnya…

      • mas dwi…bajai biarin aja…..konsen pd mobnas yg lebih…baik…dgn model yg lebih bagus seperti avanza/ceria/atoz/cery /visto…slamat berkarya…hidp mobnas….

      • sip, mari sama-sama kita tunggu aja keluarnya versi “nuri” katanya bakalan lebih baik dari Tawon

  27. Mas aku di Jakarta Selatan, kalau mo beli dimana, gimana caranya, garansi after salenya? Spare partnya?..bisa kredit nggak?… mo tanya aja..

  28. gak usah bertele2 membuat desainnya….buat mirip kayak kia visto/atoz dah pasti laku……………..mas

  29. jika bahan bakar gas di indonesia nggak yakin deh aman.. bensin aja dioplos.. apalagi banyaknya kasus yang lagi boom di negri ini ‘tabung gas meledak’.. tambah lagi ntar rentetan ‘mobil tawon meledak’

  30. oke juga tuh mobil bisa buat boyong keluarga, yang penting sekarang amati, tiru dan modifikasi. akan tercipta mobil nasional yang bagus lagi. toh negara maju dulunya juga begitu. simaju terus. oh ya kalau mau lihat dan inden harus kemana ya (pic). tks

  31. Kesalahan pertama dari Peruntukannya adalah “UNTUK MENGGANTIKAN BAJAJ”!!!! itu jelas suatu kesalahan yang sangat besar…

    Seharusnya memang ini adalah untuk mobil keluarga… urusan ada yang mau njadiin bajaj kek.. bodo’amat.. ntar juga ngikutin..
    liat aja Carry banyak yang jadi angkot, Kijang juga, kini grandmax, Vios juga jadi Limo taxi…

    so .. Peruntukannya harus untuk keluarga dulu.. baru untuk niaga bagi yang berminat…. jangan salah doooonggg.. Image is Everything… jangan lupa ya…..

    N karena untuk keluarga juga maka desainnya harus sebagus mungkin.. biar tampil keren saat dibawa kondangan. ya Mas..

  32. aku sangat bangga dengan produk lokal,justru kalo kita cinta produk dalam negeri seharusnya apa yang kita bisa dan mampu harus di sumbangkan agar produk ini berjalan terus dan bisa menampung tenaga kerja sehingga bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan,maju terus bangsaku jangan kalah dengan negara tetangga.SDM Indonesia sangat bisa di handalkan ,harga 48 jt itu sangat murah bagi member DBS Go Freedom!!!! maju terus

  33. Anak sma yang tinggal di kota besar 100 % pilih naik sepeda motor meski hujan lebat daripada naik mobil ini ( percaya atau tidak )

      • …………………………………………….. minimal karyawan pimpinan perusahaan yang bikin Tawon mau pakai dulu , jangan harap orang lain memakainya kalo yang bikin sendiri tidak mau memakainya

  34. apa sesuai nama mobil tersebut tawon, tawon emang giat bekerja, tp tidak pernah mengeluh ataupun sakit, apakah mobil tsb emang demikian adanya, dengan harga banderol sekian apakah layak..?, untuk dari aspek design, spt nya perlu dipertimbangkan kembali deh, kreasi design anak bangsa pasti bisa lah menyesuaikan kebutuhan untuk bangsa, kl dipandang dari segi teknologi, toh banyak anak bangsa yang berkreasi di luar sana spt di jerman, yang kaya akan teknologi, pantas kl mereka diberi kesempatan untuk berkreasi di tanah kelahirannya..terima kasih.

  35. Desainnya di tata ulang donk…
    itu mah sama dengan bajaj
    coba dibuat sperti mobil sedan buatan jepang,yang lbih modern
    malysia aja bisa buat mobil keren
    knp kita gak?

    banyak tu para club2 yg jago modifikasi.
    coba buat perlombaan desain mobil.
    mana yg bisa kita terima,kita bs gunakan desain itu.
    sekaligus meningkatkan keinginan para desainer untuk lebih baik lagi….
    masalah mesin mgkn bs dikembangkan dari para anak teknik seluruh indonesia.

  36. YAP bikin perlombaan desain mobil tawon atau mobnas lainnya. bakalan ramai dech. banyak kok yg jago.

    kita tunggu infonya ,tks

  37. mobil ga layak jalan itu sih! desain jelek,fitur & keamanan ga sesuai standard,tenaga boyo! mending proyek mobnas dikasih ke swasta aja deh.. pemerintah ga becus & ga bisa memanfaatkan SDM2 dalam negri secara maksimal!

  38. harusnya sih menang desain body aja dulu…mesinnya ntarlah….saya pikir itu kemauan pasar…apalagi sprti di negara kita….intinya model bodynya di revisi aja…biar harga agak mahal dikit tapi cool…

  39. salam. aku Malaysian.. tahniah kepada Indonesia kerana berjaya menghasil mobil sendiri. jangan berasa rendah diri kerana untuk permulaan memang sudah tentu akan ada kekurangannya. tetapi insyaAllah semakin lama akan semakin maju dan semakin bagus dari setiap aspeknya mobil itu. sama juga seperti kami di 80-an dulu semasa Proton mula-mula dipasarkan, banyak kelemahannya. tapi sekarang Proton sampai menembus pasaran luar negara, walau tidaklah sampai lagi menjadi jenama utama dunia.. manalah tahu akan datang, sama-sama industri mobil Malaysia dan Indonesia boleh bergabung seperti mana industri kereta di negara-negara Eropah dan Amnerika sekarang. Tahniah sekali lagi!

  40. Salut juga nich mobil buatan pribumi mudah-mudahan dapat membawa positif, namun
    kata anak saya, mereknya kok tawon? emang bisa terbang?, ngomong2 ada yang automatic ga?

    Salam,

  41. mendingan sekaliann model2 macho aja kyk hammer, wrangler suzuki katana, interior gak usah aneh2 yg penting 4×4 hiihihi

    jgn model kek bajaj gas gitu dong sorry kalo kasar

  42. Gedek banget sama orang malay…. mereka bukan menghina produk Indonesia.. tapi memang demen banget menghina Indonesia… (ngiri kali ya sama orang Indonesia ) kalo perang sama malaysia kayaknya asik deh…mendingan bunuh bunuhan sekalian sama orang malaysia…
    Pentesan spbu petronas ga laku di sini….

  43. sayang desain body nya kurang memuaskan,walau pun cm jd kendaraan pengganti bajaj….knp ga pilih model yg futuristik ya…jd inget mbl jepang tahun jadul dulu…mudah2an keterampilan anak bangsa nanti bs membuat yg jauh lbih baik dan di minati rakyat banyak seperti dulu VW dgn kodoknya…
    amien

  44. Haduh2, sorry bukan ngejelekin buatan bangsa sendiri tapi ini memang jelek banget. saya ga mau jadi orang yg punya nasionalitas buta.

    katanya kita negara berkembang (katanya sih begitu dari berapa puluh tahun yg lalu) tapi bikin mobil kok kayanya setengah hati, modelnya ga ada bagus2nya dan dilihat dari bahan + interior di dalemnya kok minus banget ya, miris ngeliatnya…

    di Indonesia ini (baca INDONESIA BUKAN ENDONESIA) banyak orang2 pinter, pasti bisa dong bikin lebih bagus lagi dari pada Timor, yang dulu aja bisa lmyn bagus masa sekarang jelek. mundur dong negara kita bukannya maju

  45. maunya sih bikin aja kaya fiat 500 abarth ya!!!!kalo mirip fiat uno pun gpp…….oke ;)
    biasa,penggemar fiat…..dulu punya fiat 124 special…..
    bravo indonesia,supaya bisa kaya fiat punya ferrari,indonesia punya geely aja lah gpp,atau asianusa punya bugatii….. wow! 8)

  46. woalah.. bikin mobil kok mutu tapi rendah.., bentuk dan interiornya aja kayak ndak njamin keselamatan, ya ini kalau proyek sudah disunat sana-sini dana-nya, jadinya ya kayak gini… yang penting jadi mobil. Mau bodinya dari kaleng kerupuk, cat-nya pake cat tembok, mesinnya mesin pemotong rumput.. pokoknya mobil, isa jalan dulu..

    nasionalis ya nasional tetapi rasional, kalau mobnas kayak gini disuruh bangga ya nanti dulu, temen2 disini koreksi bukannya ndak senang.. tetapi karena saking cintanya dan begitu ingin-nya punya produk Indonesia yang “mumpuni”, lha kalau mobnas aja bentuknya kayak gini.. ya gimana mau diterima pasar

    sangsi bener ni mobil nggak mereng-mereng saat disalip bis atau dibawa lari di jalan tol, bentuknya ‘manyun’ macam muka suneo-nya nobita coba..

    ini mobil pasti yang ndesain exteriornya bukan anak muda dah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s